Jumat, 28 Oktober 2011

PANTAI PARANGTRITIS

          
          Pantai parangtritis merupakan objek wisata dengan pemandangan berupa hamparan I pasir pantai ,gumuk pasir,pegunungan kapur dan wisata spiritual. Pantai yang berjarak 29km dari yogayakarta ini mempunyai luas 1.187,20 ha.
Add caption
Objek wisata yang dapat dinikmati meliputi pantai Parangendog, Pantai parangkusumo dan ,Pantai Depok. Pantai parangendog yang merupakan wilayah paling timur parangtritis tergelar pemandangan pantai disertai gulungan ombak yang menggelegar menghantam tebing batu karang . Parorama matahari tenggelam dapat dinikmati dari sini disertai udara segar embusan angin dari samudra Indonesia.
           Di Pantai Parangkusumo, wisatawan bisa melakukan wisata spiritual dengan tirakat di Cepuri Parangkusumo, tempat Panembahan Senopati bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul,penguasa laut selatan. Bagi yang ingin wisata Zhiarah bisa pula mengunjungi makam Syekh Maulana Magribi dan Syekh Bela Belu yang merupakan tokoh penyebar islam di Jawa. Makkam Ki Ageng Selohening,tokoh penyebar agama Buddha , dan Dipokusumo, anak Ke-3 Prabu Brawijaya IV dari Majapahit juga terletak di sini. 
           Objek wisata pemandian air panas dalam kolam renang air tawar bisa dijumpai dikawasan parangtritis.Setiap wisatawan tidak dianjurkan, bahkan dilarang, mandi di air karena ombak terlalu besar, sangat berbahaya. Wisatawan juga diimbau untuk tidak megenakan pakaian hijau gadung, karena warna tersebut merupakan keggemaran Kanjeng Ratu Kidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar